Cara Mengatasi Icon Dollar Kuning Pada Video Youtube


Cara Mengatasi Icon Dollar Kuning Pada Video Youtube - Mendapatkan dollar tentu hal yang menyenangkan bagi para creator youtube. Namun, terkadang ada beberapa masalah yang muncul seperti icon dollar kuning. Dollar kuning sebenarnya muncul disebabkan video yang telah diupload tidak cocok untuk semua pengiklan Youtube. Untuk video yang terkena icon dollar kuning akan tetap muncul di Youtube hanya saja iklan yang muncul sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada iklan.

Penyebab munculnya icon dollar kuning pada video youtube

Dollar kuning muncul karena video yang diupload ditinjau oleh tim google karena alasan tertentu. Saat diklik icon tersebut menampilkan alasan mengapa icon dollar kuning tersebut muncul. Beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi karena kurangnya minat penonton dalam mengklik video tersebut, video tersebut mengandung hal yang tidak pantas, mengandung konten dewasa, atau bahkan berhubungan dengan hak cipta.

Lalu bagaimana cara agar video yang terkena dollar kuning dapat dimonetisasi ?

Agar video yang terkena kebijakan tersebut bisa kembali untuk di monetisasi adalah dengan memperbanyak view video tersebut. Saat terkena kebijakan ini Google akan menyarankan pemilik channel untuk mengirimkan laporan bahwa video telah ditandai dengan icon dollar kuning. Saat menelima laporan tersebut pihak Google akan mereview kembali apakah layak video tersebut untuk dimonetisasi kembali. Masalah yang umum muncul adalah karena view pada video tersebut tidak mencukupi untuk di monetisasi. Karena Google sendiri memiliki kebijakan untuk juga memperhatikan hak bagi advertiser untuk memasang iklan pada video yang memiliki banyak minat penonton. Itu sebabnya saat ini Google memberikan kebijakan untuk channel youtube baru harus memiliki minimal 10.000 view agar bisa memonetisasi videonya. Persyaratan ini pun sangat bermanfaat untuk menyaring uploader nakal yang selalu menjadi re-uploader tanpa berfikir panjang dan tidak ingin bersusah payah membuat video dengan idenya sendiri.

Bagaimana agar terhindar icon dollar kuning di kemudian hari?

Dalam membuat video youtube dan ingin mendapat nama yang besar kita tidak bisa hanya memandang sebatas "Mencari Uang" tanpa memperhatikan kenyamanan penonton. Konten yang menarik dalam penyampaian, kesesuaian thumbnail, judul dan konten pun perlu diperhatikan. Hal tersebut pasti juga akan menarik minat penonton agar kembali ke channel youtube dengan menonton video menarik yang lain. Dan video pun bisa terhindar dari dollar kuning jika kita dapat memperhatikan hal tersebut. Karena memang kenyamanan bagi penonton untuk mendapatkan konten yang mereka cari adalah hal yang wajib agar video mempunyai nilai tonton yang tinggi.

Kesimpulan

 Dollar kuning muncul karena ketidaksesuaian video dengan pengiklan dari Google. Icon tersebut pun tidak mempengaruhi reputasi channel youtube kita. Namun, masalah pada umumnya hal tersebut muncul karena sedkitnya minat penonton untuk melihat pada video tsb. Oleh sebab itu, pemilik channel youtube harus lebih memperhatikan kenyamanan penonton saat melihat konten video tersebut.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url