Cara Mencadangkan/Ekspor Blog

How to Backup Blogger

Blogger.com adalah platfrom blogging gratis dari Google. Pastinya google juga memiliki kewenangan untuk menghapus blog walaupun blog yang sudah terkenal sekalipun. Terkadang blog tidak dihapus oleh tim blogger tapi saya pernah membaca beberapa artikel yang menceritakan pengalamannya bahwa akun bloggernya di hack. Tentunya jika kita mengalami itu dapat menyebabkan kehilangan semua jerih payah saat kita membangun blog dari NOL BESAR. Jadi sudah jadi hal penting untuk kita membackup blog agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Kenapa Backup Blog Sangat Penting?

1. Ada beberapa kasus penghapusan blog dari pihak blogger.com otomatis tanpa alasan yang jelas dan pemberitahuan terlebih dahulu.
2. Sebuah file backup akan menyimpan data blog dengan aman, kita dapat membuat dua backup blog dengan 2 macam backup. Yang pertama : cadangan template dan yang kedua adalah posting blog dan komentar data.
3. Ukuran file ekspor blog tidak begitu besar, untuk blog saya berukuran sekitar 100Kb
4. Kita bisa membuat backup blog kapan saja, tetapi sangat disarankan jika mencadangkan blog secara berkala ketika sudah membuat posting baru dan membuat beberapa perubahan pada template.

Lalu, Bagaimana Langkah-Langkahnya?
1. Login ke blogger
2. Pilih seletan > lainnya > ekspor blog
How-to-backup-blogger

4. Setelah diklik Ekspor blog, akan muncul tampilan seperti ini :
How-to-backup-blogger


Katanya untuk backup blog harus ada 2 file backup?
1. Post dan komentar
2. Template blog
Untuk mengekspor/mencadangkan template blog bisa dilihat disini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url