Tips agar baterai laptop tetap awet

Tips agar baterai laptop tetap awet - Baterai laptop merupakan komponen yang sangat penting bagi laptop, mengapa? Karena tanpa baterai, laptop yang kita miliki tentu saja tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Tips-agar-baterai-laptop-tetap awet
Layaknya aku tanpa kamu, tak akan bisa berjalan dengan semestinya (baper dikit hahaha). Lalu, kita sebagai pengguna laptop pasti bertanya-tanya, “Bagaimana sih caranya agar baterai laptop saya awet dan tahan lama?” meskipun kita sadari bahwa performa dari baterai akan menurun seiring dengan jangka waktu pemakaian, kita masih bisa memperlambat proses penurunan performa baterai laptop yang kita miliki, berikut ini kepo-info akan berbagi tips bagaimana cara agar baterai laptop anda tetap awet :


  1. Saat baru pertama membeli laptop, chargelah baterai laptop anda sekitar 4-6 jam. Dan jangan sekali-kali anda menyalakan laptop sebelum 4-6 jam waktu pengecharge-an.
  2. Pada saat waktu pengecharge-an, usahakan apabila baterai ada pada daya 10-20% segeralah anda charge. Jangan menunggu baterai anda habis atapun baterai anda masih diatas 20%.
  3. Saat baterai sudah terisi penuh atau indikator baterai sudah menunjukkan 100% segeralah mencabut charger dari laptop, jangan menunda-nunda hal ini karena hal ini dapat mengurangi daya baterai.
  4. Apabila laptop anda memakai baterai jenis “Li-Ion” pastikan bahwa anda tidak menghabiskan daya baterai hingga 0% (keadaan mati total). Hal ini dapat mengurangi daya dari baterai jenis “Li-Ion”.
  5. Aturlah tingkat kecerahan laptop. Jangan mengatur kecerahan pada tingkat yang terlalu cerah, redupkan layar laptop anda agar konsumsi daya baterai anda berkurang sehingga baterai anda akan awet.
  6. Jagalah baterai laptop anda agar tetap dingin, berikan jeda waktu setiap 4 jam pemakaian. Jadi, setiap 4 jam jangka waktu pemakaian laptop anda, matikan laptop anda sekitar 10-15 menit, baru anda nyalakan lagi. Bila perlu pasanglah cooling fan pada bagian bawah laptop untuk menjaga temperatur laptop.

Beberapa tambahan :
  • Kita juga dapat memperpanjang umur baterai laptop kita dengan cara menggunakan power listrik. Anda dapat mencabut baterai laptop anda dan menggunakan charger anda sebagai ganti sumber dayanya.
  • Panas merupakan musuh besar bagi baterai. Jangan sekali-sekali kita menaruh baterai laptop kita di tempat yang panas seperti di mobil maupun jok motor.
  • Kita juga dapat memperpanjang umur baterai kita dengan menyimpannya di kulkas. Bungkuslah baterai dengan wadah tertutup dan masukkan ke freezer. Tapi ingat, jangan sampai kita membiarkannya membeku di dalam freezer. Jika anda ingin memakai baterainya kembali, diamkan baterai di ruangan terbuka sekitar 10-15 menit sebelum dipakai lagi.

Nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan agar baterai anda tetap awet. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini agar dapat berguna bagi teman maupun keluarga anda yang membutuhkan serta tinggalkan komentar di kolom bawah ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url